Selasa, 06 Oktober 2015

Tugas Pengantar bisnis


Sekarang saya berkuliah di Universitas Gunadarma Depok, pada kesempatan kali ini saya mendapatkan tugas untuk menjelaskan beberapa materi dalam blog saya. Semoga apa yang saya sampaikan bisa di mengerti oleh para pembaca.

Apa itu pengertian tentang bisnis ?
 
Mungkin sebagian besar dari kita ketika mendengar kata bisnis akan ada yang berfikir langsung kepada kegiatan penjualan suatu barang atau jasa. Dan juga mungkin ada yang mengerti tentang bisnis namun bingung jelasinnya gimana. Agar lebih jelas apa itu bisnis, saya akan memberikan beberapa pengertian mengenai bisnis menurut para ahli.

Peterson dan plowman, mengemukakan pengertian bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjulan barang atau jasa yang dilakukan secara berulang-ulang. Menurut mereka, penjualan barang atau jasa yang hanya terjadi satu kali saja bukanlah merupakan pengertian bisnis.

Owen,  menurut owen pengertian bisnis adalah suatu perusahaan yang berhubungan dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran ataupun memberikan harga yang sesuai pada setia jenis jasanya.

Dari dua pengertian tersebut pastinya sudah mulai mengerti apa itu bisnis. Kita bisa menjabarkan bisnis menggunakan kata-kata kita sendiri. Kalau menurut saya pribadi bisnis adalah sebuah kegiatan jual beli barang atau jasa yang di lakuan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan mendapatkan keuntungan( Profit).


Jenis Bisnis

 Kalau menurut saya pribadi itu jenis bisnis sangatlah banyak,mulai dari bisnis kuliner, bisnis pakaian, bisnis rumahan, bisnis transportasi dan masih banyak lagi. Untuk memilih jenis bisnis apa yang bisa kita jalani, kita harus melihat fakotr-fakotr penunjang yang ada. Ketika kita mau membuat bisnis yang besar, kita juga memerlukan modal yang besar. Kalau saya sendiri lebih memilih bisnis yang mengarah kepada gaya hidup orang, seperi handphone atau gadget karena perkembangan yang terus terjadi memungkinkan gadget terus berinovasi dan orang makin mengikuti perkembangan tersebut. Yang kedua adalah bisnis fashion, baik pria maupun wanita pasti memerlukan pakaian ataupun aksesoris yang ada, dan jenisnya juga sangat beragam jadi memilik cukup besar peluang usahanya.


Tujuan Kebijakan Bisnis

  1.  Melindungi usaha kecil dan menengah, maksudnya di sini adalah kita harus membantu mensuport kegiatan usaha kecil dan menengah agar tidak tersingkir oleh mayoritas usaha usaha menengah keatas. Dan juga supaya memiliki daya saing yang kuat.
  2. Melindungi lingkungan hidup sekitarnya, Dalam menjalani sebuah bisnis pasti ada dampak negatif yang di timbulkan,seperti limbah yang di hasilkan oleh pabrik. Negara memiliki aturan untuk tidak merusak alam dalam proses bisnis. 
  3.  Melindungi konsumen, Dalam kegiatan bisnis konsumen adalah raja, jadi pelayanan yang kita lakukan harus memuaskan konsumen tersebut bukan malah mengecewakan atau merugikannya.
  4. Pendapatan pemerintah, Setiap bisnis yang beroperasi di dalam negri pasti akan membayar pajak dan di situlah sebagai sumber pendapatan pemerintah atau negara.  

Mengapa harus belajar bisnis ? 

Kita perlu belajar bisnis karena pengaruh bisnis dalam kehidupan sehari-hari sangatlah kuat sehingga kita harus memahami apa itu bisnis, bagaimana cara menjalankannya serta tujuan bisnis itu sendiri. Bisnis juga bisa sebagai pilihan carir atau profesi yang di jalankan. Dan ketika kita terjun langsung ke dalam dunia bisnis kita bisa mengerti apa yang harus kita lakukan dalam berbisnis sehingga dapat menghasilkan hasil yang semaksimal mungkin. 
  

Terima kasih karena telah membaca tulisan saya,mohon maaf jika masih ada kesalahan penulisan kata atau kata-kata yang kurang mudah untuk dimengerti.

Refrensi :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar